Sunday, August 31, 2008

Wedding On Train

Menikah di rumah atau gedung sudah biasa. Bagaimana jika momen bahagia tersebut diselenggarakan di kereta api yang sedang berjalan ? Mulai pekan ini, PT KAI menawarkan gerbong khusus yang menyediakan fasilitas pernikahan. Ada tiga model pernikahan, mulai dari adat Toraja, Bali dan Wisata Nusantara.

"PT Kereta Api Indonesia menawarkan paket pernikahan yang unik di gerbon wisata, yang rutenya dari Jakarta ke Cirebon, atau Bandung, atau Yogyakarta, bahkan Surabaya," kata Ahmad Sujadi, Kepala Hubungan Masyarakat PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi (KAI Daops) I.

Ia menjelaskan, saat ini PT KAI mengoperasikan tiga gerbong kereta wisata yang memiliki interior dan fasilitas yang sangat nyaman.

"Kami punya Kereta Wisata Nusantara, Bali, dan Toraja. Yang membedakan hanya ukiran di interior gerbong," katanya.

Kereta yang ditawarkan untuk penyelenggaraan pernikahan ini juga dilengkapi dengan sejumlah fasilitas demi menyukseskan acara yang sakral itu.

Misalnya, desain tempat yang bisa digunakan oleh penghulu dan kedua mempelai untuk mengucap ijab kabul beserta tempat tidurnya.

Selain itu, bagi sanak saudara atau undangan yang tidak bisa masuk ke dalam gerbong tempat acara digelar, PT KAI melengkapinya dengan memasang layar televisi. Kemudian, gerbong kereta yang dipakai oleh pasangan yang menikah akan digabung dengan kereta reguler sesuai tujuan kota yang diinginkan oleh pengantin.

"Kalau ke Cirebon bisa digabung dengan Cirebon Exspres, kalau ke Jogja dengan Bima, dan banyak lagi," kata Sujadi, mencontohkan.

 
Bila biasanya penumpang kereta api di Indonesia akrab dengan kereta kelas ekonomi, bisnis, dan ekskutif, maka bisa dibilang gerbong kereta wisata PT KAI adalah kereta berkelas untuk tamu sangat penting (Very Important Person/VIP).

Harganya pun, menurut dia, dipatok di harga tertinggi tarif kereta, bahkan sedikit lebih tinggi dibanding jumlah penumpang yang bisa gerbong kereta biasa.

"Untuk perjalanan Jakarta-Cirebon, tarif gerbong kereta wisata adalah sekitar Rp 6 juta, kapasitas bisa muat hingga 25 orang," ujar Ahmad.

Sementara itu, ia mengemukakan, harga tiket kelas eksekutif Jakarta-Cirebon senilai Rp 60.000, dan perjalanan ditempuh dalam kurun waktu sekitar 2,5 jam saja.

"Untuk perjalanan ke Surabaya, harga sewa gerbong Kereta Wisata Nusantara ini sekitar Rp 10 juta," kata Direktur Utama PT KAI, Rudi Wahyudi.

Namun, ia mengemukakan, harga yang relatif mahal itu pun sepadan dengan fasilitas yang disediakan oleh PT KAI.

Gerbong VIP ini terdiri atas sebuah ruang pertemuan (meeting room) yang eksklusif dengan perabot meja dan kursinya berukiran indah. Bagian berikutnya adalah sebuah kamar duduk santai (lounge room), bersofa nyaman saling berhadapan yang cukup memuat sekira 12 orang.

Di ruang itu pula disediakan televisi berlayar lebar lengkap dengan perangkat radio dan pengeras suara.

Selain itu, gerbong KA tersebut memiliki meja minuman (mini bar), dan tempat berukuran paling sempit di gerbong yang bisa digunakan untuk menyimpan sementara barang-barang atau makanan penumpang.

"Gerbong ini juga dilengkapi dengan kamar, toilet, serta tempat tidur yang sangat nyaman. Bisa digunakan pengantin untuk beristirahat selama perjalanan," kata Ahmad.

Menikah di gerbong kereta agaknya dapat menjadi pilihan sangat menarik bagi para mempelai, selain unik dan selama ini dalam catatan PT KAI belum pernah ada pengantin yang melakukan hal tersebut di Indonesia.

Menurut Ahmad Sujadi, belum pernah ada pengantin yang menikah di gerbong wisata.

"Mungkin karena harganya yang lumayan mahal, jadi kami membidik mereka dari kalangan menengah ke atas," ujarnya.

Pakai adat apa saja !
"Wah kalau saya, belum terpikirlah untuk menikah di gerbong kereta wisata," celetuk Mungky, seorang pekerja media.

Gadis berusia 23 tahun itu berencana hendak melepas masa lajang pada waktu dekat ini, namun bila harus berhitung besarnya biasa sewa kereta dan gerbong utama maupun berikutnya bagi para tamu, maka Mungky pun menyerah.

"Biayanya mahal sekali. Uangnya buat yang lain saja deh. Selain saya juga tidak betah berlama-lama di kereta," katanya.

Lain Mungky, lain pula Erni, seorang ibu muda yang telah dikaruniai seorang putra.

Menurut Erni, menikah di kereta wisata tentu sangat unik dan berkesan,

"Jadi, pasti jadi kenangan yang tidak mudah dilupakan baik bagi pengantin, keluarga pengantin, dan para tamu yang datang."

Selain konsep yang unik, menikah di kereta wisata yang sedang melaju juga menawarkan sensasi seremoni yang tidak lazim.

Acara akad nikah bisa disaksikan langsung oleh keluarga terdekat, mereka bisa melihat langsung dari lounge room, sementara itu tetamu dan kerabat dapat tetap menyaksikannya lewat layar-layar televisi yang disediakan di setiap gerbong berikutnya.

"PT KAI bisa memfasilitasi penyediaan gambar itu di layar-layar televisi kereta. Sementara masalah makanan, bisa disediakan oleh PT KAI, bisa juga pihak mempelai yang mengatur dan menyediakannya kepada para hadirin," ujar Ahmad Sujadi.


Seusai acara akad yang sangat khidmat itu berlangsung, kedua mempelai pun mulai dapat menerima ucapan selamat dari keluarga dan kerabat di gerbong kereta wisata.

Lalu, pengantin menyambangi para tamu mereka di gerbong lain setelah gerbong wisata. Jadi, alih-alih pengantin menerima ucapan selamat dari para tamu di panggung pelaminan, justru pengantin yang mendatangi tamu mereka dari gerbong ke gerbong.

Selain rute dan menuju Jakarta, pernikahan unik di dalam gerbong wisata juga bisa dilakukan dari kota Ambarawa. Di Ambarawa tersedia pula kereta wisata dengan lokomotif uap bergigi.

Sedangkan, di Solo ada kereta wisata Punokawan jurusan Purwosari-Wonogiri yang menelusuri Jalan Slamet Riyadi di jantung Kota Solo.

Adapun di Sumatera Selatan, tersedia pula kereta wisata yang diberi nama Kereta Sultan. Sedangkan, di Sumatera Barat tersedia kereta wisata yang bertujuan ke Lembah Anai dan Pantai Pariaman.

Pernikahan adalah salah satu momen paling berkesan dalam hidup. Selain berkesan buat pasangan pengantin, pernikahan yang konsepnya unik seperti pernikahan di gerbong kereta wisaya juga bisa menjadi pengalaman yang paling berkesan bagi tamu.

Setelah menyaksikan akad nikah dan menyantap makanan dalam resepsi di dalam gerbong, penumpang dapat langsung berlibur di kota tujuan kereta.

Anggap saja pengantin memberi cindera mata tak terlupakan kepada para hadirin. Kalau biaya bisa memadai, maka pastilah menyenangkan. Bagaimana ada yang tertarik ?. (ant/ly)

Source Article: http://www.rileks.com

Saturday, August 30, 2008

Prosesi Lengkap Adat Jawa - Surakarta

Lamaran
Keluarga calon mempelai pria mendatangi (atau mengirim utusan ke) keluarga calon mempelai perempuan untuk melamar putri keluarga tersebut menjadi istri putra mereka.

Pada acara ini, kedua keluarga jika belum saling mengenal dapat lebih jauh mengenal satu sama lain, dan berbincang-bincang mengenai hal-hal yang ringan. Biasanya keluarga dari calon mempelai perempuan yang mempunyai hak menentukan lebih banyak, karena merekalah yang biasanya menentukan jenis pernikahannya:

* Paes Agung yaitu pernikahan agung
* Paes Kesatriyan yaitu pernikahan jenis ksatria yang lebih sederhana

Jika lamaran diterima, maka kedua belah pihak akan mulai mengurus segala persiapan pernikahan.

Persiapan Pernikahan


Setelah lamaran diterima, maka hal selanjutnya yang dilakukan adalah mempersiapkan pesta pernikahan. Pesta pernikahan Jawa adat Surakarta yang lengkap memerlukan banyak hal, dan pesta tersebut tidak dapat terlaksana tanpa bantuan seorang profesional. Orang yang bertanggung jawab mengatur segala persiapan pernikahan adat Jawa tersebut disebut Pemaes yang mewakili mempelai perempuan. Pemaes atau juru rias ini antara lain bertanggung jawab mengatur pakaian dan rias muka yang akan dikenakan oleh kedua pengantin. Selain itu panitia yang terdiri dari sang Pemaes dan kerabat-kerabat dekat pengantin juga mengatur berbagai hal seputar pesta yang akan dilangsungkan:

* makanan dan minuman yang akan disajikan
* tari-tarian dan musik (biasanya musik gamelan)yang akan mengiringi pesta
* pembawa acara (emcee) yang akan diundang
* acara Siraman
* acara Ijab dan saksi-saksinya
* kata sambutan
* keamanan, transportasi, komunikasi, dokumentasi
* sewa gedung (akomodasi), perlengkapan pesta, dan lain sebagainya
* dekorasi tempat pernikahan

Hal terpenting yang harus mereka persiapkan adalah acara Ijab upacara pernikahan sipil), yang melegitimasi kedua pasangan sebagai suami dan istri yang sah.


Hiasan Pernikahan

Sehari sebelum pernikahan, biasanya gerbang rumah pengantin perempuan akan dihiasi Tarub atau janur kuning yang terdiri dari berbagai macam tumbuhan dan daun-daunan:

* 2 pohon pisang dengan setandan pisang masak pada masing-masing pohon, melambangkan suami yang akan menjadi kepala rumah tangga yang baik dan pasangan yang akan hidup baik dan bahagia dimanapun mereka berada (seperti pohon pisang yang mudah tumbuh dimanapun).
* Tebu Wulung atau tebu merah, yang berarti keluarga yang mengutamakan pikiran sehat.
* Cengkir Gading atau buah kelapa muda, yang berarti pasangan suami istri akan saling mencintai dan saling menjagai dan merawat satu sama lain.
* Berbagai macam daun seperti daun beringin, daun mojo-koro, daun alang-alang, dadap serep, sebagai simbol kedua pengantin akan hidup aman dan keluarga mereka terlindung dari mara bahaya.

Selain itu di atas gerbang rumah juga dipasang bekletepe yaitu hiasan dari daun kelapa untuk mengusir roh-roh jahat dan sebagai tanda bahwa ada acara pernikahan sedang berlangsung di tempat tersebut.

Sebelum Tarub dan janur kuning tersebut dipasang, sesajen atau persembahan sesajian biasanya dipersiapkan terlebih dahulu. Sesajian tersebut antara lain terdiri dari: pisang, kelapa, beras, daging sapi, tempe, buah-buahan, roti, bunga, bermacam-macam minuman termasuk jamu, lampu, dan lainnya.

Arti simbolis dari sesajian ini adalah agar diberkati leluhur dan dilindungi dari roh-roh jahat. Sesajian ini diletakkan di tempat-tempat dimana upacara pernikahan akan dilangsungkan, seperti kamar mandi, dapur, pintu gerbang, di bawah Tarub, di jalanan di dekat rumah, dan sebagainya.

Dekorasi lain yang dipersiapkan adalah Kembar Mayang yang akan digunakan dalam upacara panggih


Upacara Siraman

Acara yang dilakukan pada siang hari sebelum Ijab atau upacara pernikahan ini bertujuan untuk membersihkan jiwa dan raga. Siraman biasanya dilakukan di kamar mandi atau taman keluarga masing-masing dan dilakukan oleh orang tua atau wakil mereka.

Ada tujuh Pitulungan atau penolong (Pitu artinya tujuh)- biasanya tujuh orang yang dianggap baik atau penting - yang membantu acara ini. Airnya merupakan campuran dari kembang setaman yang disebut Banyu Perwitosari yang jika memungkinkan diambil dari tujuh mata air dan melambangkan kehidupan. Keluarga pengantin perempuan akan mengirim utusan dengan membawa Banyu Perwitosari ke kediaman keluarga pengantin pria dan menuangkannya di dalam rumah pengantin pria.

Acara siraman diawali oleh orang tua dan ditutup oleh Pemaes yang kemudian dilanjutkan dengan memecahkan kendi.

Banyak hal yang harus dipersiapkan sebelum acara dimulai:

* Tempat air dari perunggu atau tembaga yang berisi air dari tujuh mata air.
* Kembang setaman yaitu bunga-bunga seperti mawar, melati, cempaka, kenanga, yang ditaruh di air.
* Aroma lima warna yang digunakan sebagai sabun.
* Sabun cuci rambut tradisional dari abu dari merang, santan, dan air asam Jawa.
* Gayung yang berasal dari kulit kelapa sebagai ciduk air.
* Kursi yang dilapisi tikar, kain putih, dedaunan, kain lurik untuk tempat duduk pengantin selama prosesi berlangsung.
* Kain putih untuk dipakai selama upacara siraman.
* Baju batik untuk dipakai setelah uparaca siraman.
* Kendi.
* Sesajian

Sesajian merupakan hal yang dianggap penting dalam upacara Jawa. Sesajian untuk siraman terdiri dari berbagai macam sajian:

* Tumpeng Robyong, nasi kuning dengan hiasan-hiasan.
* Tumpeng Gundhul, nasi kuning tanpa hiasan.
* Makanan seperti ayam, tahu, telur.
* Buah-buahan seperti pisang dan lain-lain.
* Kelapan muda.
* Tujuh macam bubur.
* Jajanan seperti kue manis, lemper, cendol.
* Seekor ayam jago
* Lampu lentera
* Kembang Telon - tiga macam bunga (kenanga, melati, cempaka).

Urut-urutan acara siraman adalah sebagai berikut:

* Pengantin pria / perempuan dengan rambut terurai keluar dari kamarnya diiringi oleh orangtuanya masing-masing.
* Beberapa orang berjalan di belakang mereka membawa baju batik, handuk, dan sebagainya.
* Pengantin tersebut duduk di kursi dan memanjatkan doa.
* Sang ayah memandikan sang pengantin, disusul oleh sang ibu.
* Sang pengantin duduk dengan kedua tangan diletakkan di depan dalam posisi berdoa.
* Mereka menuangkan air ke atas tangannya dan sang pengantin berkumur tiga kali.
* Lalu mereka menuangkan air ke atas kepalanya, muka, telinga, leher, tangan dan kaki masing masing tiga kali.
* Setelah orangtua menyelesaikan prosesi siraman disusul oleh empat orang lain yang dianggap penting.
* Orang terakhir yang memandikan sang pengantin adalah Pemaes atau orang lain yang dianggap spesial. Sang pengantin dimandikan dengan sabun dan shampo (secara simbolik).
* Setelah itu acara pecah kendi yang dilakukan oleh ibu pengantin perempuan.
* Sang pengantin akan mengenakan baju batik kemudian diiringi kembali ke kamar pengantin dan bersiap siap untuk acara Midodaren

Pecah Kendi

Kendi yang digunakan untuk siraman diambil. Ibu pengantin perempuan atau Pameas(untuk siraman pengantin pria) atau orang yang terakhir akan memecahkan kendi dan mengatakan: "Wis Pecah Pamore" - artinya sekarang sang pengantin siap untuk menikah.

Pangkas Rikmo lan Tanam Rikmo

Acara memotong sedikit rambut pengantin perempuan dan potongan rambut tersebut ditanam di rumah belakang.

Ngerik

Setelah acara Siraman, pengantin perempuan duduk di dalam kamarnya. Pemaes lalu mengeringkan rambutnya dan memberi pewangi di rambutnya. Rambutnya lalu disisir dan digelung atau dibentuk konde. Setelah Pameas mengeringkan wajah dan leher sang pengantin, lalu ia mulai mendandani wajah sang pengantin. Lalu sang pengantin akan dipakaikan baju kebaya dan kain batik. Sesajian untuk upacara Ngerik pada dasarnya sama untuk acara siraman. Biasanya supaya lebih mudah sesajian untuk siraman digunakan / dimasukkan ke kamar pengantin dan dipakai untuk sesajian upacara Ngerik.

Gendhongan

Kedua orangtua pengantin perempuan menggendong anak mereka yang melambangkan ngentaske artinya mengentaskan seorang anak

Dodol Dhawet

Kedua orangtua pengantin wanita berjualan minuman dawet yaitu minuman manis khas Solo, tujuannya agar banyak tamu yang datang.

Temu Panggih

Penyerahan pisang sanggan berupa gedung ayu suruh ayu sebagai tebusan atau syarat untuk pengantin perempuan.

Penyerahan Cikal

Sebagai tanda agar kehidupan mendatang menjadi orang berguna dan tak kurang suatu apapun.

Penyerahan Jago Kisoh

Sebagai tanda melepaskan anak dengan penuh ikhlas.

Tukar Manuk Cengkir Gading

Acara tukar menukar kembang mayang diawali tukar menukar manuk cengkir gading, sebagai simbol agar kedua pengantin menjadi pasangan yang berguna bagi keluarga dan masyarakat


Upacara Midodaren

Acara ini dilakukan pada malam hari sesudah siraman. Midodaren berarti menjadikan sang pengantin perempuan secantik dewi Widodari. Pengantin perempuan akan tinggal di kamarnya mulai dari jam enam sore sampai tengah malam dan ditemani oleh kerabat-kerabatnya yang perempuan. Mereka akan bercakap-cakap dan memberikan nasihat kepada pengantin perempuan.

Orangtua pengantin perempuan akan memberinya makan untuk terakhir kalinya, karena mulai besok ia akan menjadi tanggung jawab suaminya.

Peningsetan

Peningsetan yang berasal dari kata 'singset' atau langsing, memiliki arti untuk mempersatukan; Kedua keluarga mempelai setuju untuk kedua anak mereka disatukan dalam tali pernikahan. Keluarga pengantin pria datang berkunjung ke kediaman keluarga pengantin perempuan membawa berbagai macam hadiah:

* Satu set Suruh Ayu (semacam daun yang wangi), mendoakan keselamatan.
* Pakaian batik dengan motif yang berbeda-beda, mendoakan kebahagiaan.
* Kain kebaya, mendoakan kebahagiaan.
* Ikat pinggang kain (setagen) bewarna putih, melambangkan kemauan yang kuat dari mempelai perempuan
* Buah-buahan, mendoakan kesehatan.
* Beras, gula, garam, minyak, dll, melambangkan kebutuhan hidup sehari-hari.
* Sepasang cincin untuk kedua mempelai.
* Sejumlah uang untuk digunakan di acara pernikahan.

Acara ini disebut juga acara serah-serahan - bisa diartikan sang calon mempelai perempuan 'diserahkan' kepada keluarga calon mempelai pria sebagai menantu mereka atau calon mempelai pria nyantri di kediaman keluarga calon mempelai perempuan.

Pada masa kini, demi alasan kepraktisan, kedua belah pihak kadang-kadang dapat berbicara langsung tanpa upacara apapun. Selain menghemat waktu dan uang, juga langsung pada pokok persoalan.

Sesajian untuk upacara midodaren:

* Nasi dimasak dengan santan.
* Ayam inkung yang telah dimasak
* Bumbu sayuran
* Kembang telon
* Teh dan kopi pahit
* Minuman kelapa muda dengan gula kelapa
* Lampu lentera yang dinyalakan
* Pisang Raja
* Kembang setaman
* Lemper, kue
* Rokok dan kretek

Barang-barang yang ditaruh di kamar pengantin:

* Satu set Kembar Mayang.
* Dua kendi yang diisi bumbu, jamu, beras, kacang, dll, dan ditutupi kain batik.
* Dua kendi yang berisi air kembang setaman ditutupi daun dadap serep.
* Ukub yaitu sebuah nampan berisi wangi-wangian daun dan bunga yang diletakkan di bawah tempat tidur.
* Suruh Ayu
* Kacang
* Tujuh macam kain tradisional.

Makanan sesajian dapat dikeluarkan dari kamar setelah tengah malam. Sanak keluarga dan para tamu dapat memakannya. Pada jaman dahulu, acara temu keluarga antara kedua keluarga pengantin dilakukan setelah tengah malam, namun sekarang ini, dengan alasan kepraktisan, kedua keluarga dapat bertemu seperti yang disebutkan di atas.


Nyantri

Selama acara midodaren berlangsung, calon mempelai pria tidak boleh masuk menemui keluarga calon mempelai perempuan. Selama keluarganya berada di dalam rumah, ia hanya boleh duduk di depan rumah ditemani oleh beberapa teman atau anggota keluarga. Dalam kurun waktu itu, ia hanya boleh diberi segelas air, dan tidak diperbolehkan merokok. Sang calon mempelai pria baru boleh makan setelah tengah malam. Hal itu merupakan pelajaran bahwa ia harus dapat menahan lapar dan godaan. Sebelum keluarganya meninggalkan rumah tersebut, kedua orangtuanya akan menitipkan anak mereka kepada keluarga calon mempelai perempuan, dan malam itu sang calon mempelai pria tidak akan pulang ke rumah. Setelah mereka keluar dari rumah dan pulan, calon mempelai pria diijinkan masuk ke rumah namun tidak diijinkan masuk ke kamar pengantin. Calon mertuanya akan mengatur tempat tinggalnya malam itu. Ini disebut dengan Nyantri. Nyantri dilakukan untuk alasan keamanan dan praktis, mengingat bahwa besok paginya calon pengantin akan didandani dan dipersiapkan untuk acara Ijab dan acara-acara lainnya.

Upacara Ijab


Ijab atau ijab kabul adalah pengesahan pernihakan sesuai agama pasangan pengantin. Secara tradisi dalam upacara ini keluarga pengantin perempuan menyerahkan / menikahkan anaknya kepada pengantin pria, dan keluarga pengantin pria menerima pengantin wanita dan disertai dengan penyerahan emas kawin bagi pengantin perempuan. Upacara ini disaksikan oleh pejabat pemerintah atau petugas catatan sipil yang akan mencatat pernikahan mereka di catatan pemerintah.

Pawai (untuk anggota kerajaan)

Untuk pernikahan anggota kerajaan Surakarta, setelah upacara panggih diakhiri dengan pawai yang meriah agar seluruh warga kota Solo dapat melihat anggota kerajaan yang baru menikah. Pada acara ini seluruh anggota keraton termasuk tentara keraton berpakaian serba tradisional.

Jika yang menikah adalah seorang pangeran, maka sang pangeran mengendarai kuda di bagian paling belakang pawai, di belakang kereta kerajaan yang berisi sang istri pangeran.



Prosesi pawai mengelilingi halaman keraton selama satu kali kemudian iring-iringan akan memasuki halaman keraton.


Upacara Panggih / Temu

Pada upacara ini kembar mayang akan dibawa keluar rumah dan diletakan di persimpangan dekat rumah yang tujuannya untuk mengusir roh jahat. Kembar mayang adalah karangan bunga yang terdiri dari daun-daun pohon kelapa yang ditancapkan ke sebatang tanggul kelapa. Dekorasi ini memiliki makna yang luas:

* Berbentuk seperti gunung, tinggi dan luas, melambangkan seorang laki-laki harus berpengetahuan luas, berpengalaman, dan sabar.
* Hiasan menyerupai keris, pasangan harus berhati-hati di dalam hidup mereka.
* Hiasan menyerupai cemeti, pasangan harus selalu berpikir positif dengan harapan untuk hidup bahagia.
* Hiasan menyerupai payung, pasangan harus melindungi keluarga mereka.
* Hiasan menyerupai belalang, pasangan harus tangkas, berpikir cepat dan mengambil keputusan untuk keselamatan keluarga mereka.
* Hiasan menyerupai burung, pasangan harus memiliki tujuan hidup yang tinggi.
* Daun beringin, pasangan harus selalu melindungi keluarga mereka dan orang lain.
* Daun kruton, melindungi pasangan pengantin dari roh-roh jahat.
* Daun dadap serep, daun ini dapat menjadi obat turun panas, menandakan pasangan harus selalu berpikiran jernih dan tenang dalam menghadapi segala permasalahan (menenangkan perasaan dan mendinginkan kepala).
* Bunga Patra Manggala, digunakan untuk mempercantik hiasan kembar mayang.

Sebagai hiasan, sepasang kembar mayang diletakkan di samping kanan dan kiri tempat duduk pengantin selama resepsi pernikahan. Kembar mayang hanya digunakan jika pasangan pengantin belum pernah menikah sebelumnya.

Setelah itu pengantin laki-laki (dengan ditemani kerabat dekatnya (orang tuanya tidak boleh menemaninya dalam acara ini) tiba di depan gerbang rumah pengantin perempuan dan pengantin perempuan keluar dari kamar pengantin dengan diapit oleh dua orang tetua perempuan dan diikuti dengan orangtua dan keluarganya. Di depannya dua anak perempuan (yang disebut Patah) berjalan dan dua remaja laki-laki berjalan membawa kembar mayang dan kemudian melanjutkan upacara dengan melakukan beberapa ritual:

Balangan Suruh

Pada saat jarak mereka sekitar tiga meter, mereka saling melempar tujuh bungusan yang berisi daun sirih, jeruk, yang ditali dengan benang putih. Mereka melempar dengan penuh semangat dan tertawa. Dengan melempar daun sirih satu sama lain, menandakan bahwa mereka adalah manusia, bukan makhluk jadi-jadian yang menyamar jadi pengantin. Selain itu ritual ini juga melambangkan cinta kasih dan kesetiaan.

Wiji Dadi

Mempelai laki-laki menginjak telur ayam hingga pecah dengan kaki kanan, kemudian pengantin perempuan akan membasuh kaki sang suami dengan air bunga. Proses ini melambangkan seorang suami dan ayah yang bertanggung jawab terhadap keluarganya dan istri yang taat melayani suaminya

Pupuk

Ibu pengantin perempuan yang mengusap pengantin laki-laki sebagai tanda ikhlas menerimanya sebagai bagian dari keluarga.

Sindur Binayang

Di dalam ritual khas pernikahan adat Solo ini ayah pengantin perempuan menuntun pasangan pengantin ke kursi pelaminan, ibu pengantin perempuan menyampirkan kain sindur sebagai tanda bahwa sang ayah menunjukkan jalan menuju kebahagiaan dan sang ibu memberikan dukungan moral.

Timbang / Pangkon

Di dalam ritual khas pernikahan adat Solo ini pasangan pengantin duduk di pangkuan ayah pengantin perempuan, dan sang ayah akan berkata bahwa berat mereka sama, berarti bahwa cinta mereka sama-sama kuat dan juga sebagai tanda kasih sayang orang tua terhadap anak dan menantu sama besarnya.

Tanem

Di dalam ritual khas pernikahan adat Solo ini ayah pengantin perempuan mendudukkan pasangan pengantin di kursi pengantin sebagai tanda merestui pernikahan mereka dan memberikan berkat.

Tukar Kalpika

Mula-mula, pengantin pria meninggalkan kamarnya dengan diapit oleh anggota laki-laki keluarga (saudara laki-laki dan paman-paman). Seorang anggota keluarga yang dihormati terpilih untuk berperan sebagai kepala rombongan.

Pada waktu yang sama, pengantin perempuan juga meninggalkan kamar sambil diapit oleh bibi-bibinya untuk menemui pengantin pria. Sekarang kedua pengantin duduk di meja dengan wakil-wakil dari masing-masing keluarga, dan kemudian saling menukarkan cincin sebagai tanda cinta.

Kacar-kucur / Tampa Kaya / Tandur

Dengan bantuan Pemaes, pasangan pengantin berjalan dengan memegang jari kelingking pasangannya, ke tempat ritual kacar-kucur atau tampa kaya. Pengantin pria akan menuangkan kacang kedelai, kacang tanah, beras, jagung, beras ketan, bunga dan uang logam (jumlahnya harus genap) ke pangkuan perempuan sebagai simbol pemberian nafkah. Pengantin perempuan menerima hadiah ini dengan dibungkus kain putih yang ada di pangkuannya sebagai simbol istri yang baik dan peduli.

Dahar Klimah / Dahar Kembul / Dahar Walimah

Kedua pengantin saling menyuapi nasi satu sama lain yang melambangkan kedua mempelai akan hidup bersama dalam susah dan senang dan saling menikmati milik mereka bersama. Pemaes akan memberikan sebuah piring kepada pengantin perempuan (berisi nasi kuning, telur goreng, kedelai, tempe, abon, dan hati ayam). Pertama-tama, pengantin pria membuat tiga bulatan nasi dengan tangan kanannya dan menyuapkannya ke mulut pengantin perempuan. Setelah itu ganti pengantin perempuan yang menyuapi pengantin pria. Setelah makan, mereka lalu minum teh manis.

Rujak Degan

Acara pembuka untuk anak pertama, memohon supaya segera memiliki anak. Rujak degan artinya agar dalam pernikahan selalu sehat sejahtera.

[sunting] Bubak Kawah

Acara perebutan alat-alat dapur untuk anak pertama. Artinya agar pernikahan keduanya sehat dan sejahtera.

Tumplak punjen

Acara awal untuk anak bungsu. Artinya segala kekayaan ditumpahkan karena menantu yang terakhir.

Mertui


Orang tua pengantin perempuan menjemput orang tua pengantin laki-laki di depan rumah untuk berjalan bersama menuju tempat upacara. Kedua ibu berjalan di muka, kedua ayah di belakang. Orangtua pengantin pria duduk di sebelah kiri pasangan pengantin, dan sebaliknya.

Sungkeman

Kedua pengantin bersujud memohon restu dari masing-masing orangtua. Pertama-tama ayah dan ibu pengantin perempuan, kemudian baru ayah dan ibu pengantin pria. Selama sungkeman, Pemaes mengambil keris dari pengantin pria, dan setelah sungkeman baru dikembalikan lagi.
Resepsi Pernikahan

Setelah semua upacara selesai dilakukan, saatnya untuk resepsi pernikahan dan para tamu mulai makan dan minum makanan tradisional Solo dengan disertai tari tradisional Jawa dan musik gamelan. Acara foto-foto dan salam-salaman dengan kedua pengantin juga dilangsungkan.



Sumber : Wikipedia

Friday, August 29, 2008

U’R EXCELLENT WEDDING BY WEDDING WORLD & GOLDEN BOUTIQUE HOTEL



Hari: Sabtu - Minggu
Tanggal: 6-7 September 2008
Pukul: 11.00 - 21.00
Tempat: Golden Boutique Hotel

Saksikan Tuxedo Show by Grisvian Hewis & La Freeze Bridal (Pk. 18.00)
** Test Food Non Stop by Golden Boutique Hotel  **

Golden Excellent Package Rp. 56.999.999,- ( 400 Pax )

  • The Grand Golden Ballrom With Red Carpet
  • International wedding buffet
  • Soft Drink
  • Ice water free flow
  • Decoration & Stage
  • Ice Carving
  • Honeymoon room
  • Fruit Basket in The Wedding Room
  • Candle light dinner
  • 20 buffet family
  • Flower Arrangements as Buffet & Reception Table
  • 2 Reception Books
  • 10 Free Parking Voucher
  • Gaun & Make Up by 15 Bridal, U can choice
  • Gaun & Make Up pengapit
  • Make Up & Hair do 2 Mama
  • Hand Bouquet & Corsages
  • Photo Studio
  • Tuxedo hak milik
  • Kue pengantin
  • Kartu undangan
  • Photo & Video liputan
  • Mobil

* BONUS :
Photo Outdoor
Honeymoon at Tanjung Lesung
Kanvas & Frame

2 Days Transaction only!!
FREE :
- Kambing Guling
- 100 Porsi Siomay
- Superior Room

Hadiah Langsung : TV 21” Flat
( TANPA DIUNDI! )
- Hand Phone
- MP 4 Player
- DVD Player
Etc

Tersedia paket pernikahan (buffet saja, tidak dengan Bridal) : Rp. 46.999.000,-
Juga tersedia paket pernikahan untuk Week days : Rp. 32.999.000,-

Participant :

  • Garda Decoration
  • Golden Boutique Hotel
  • Grisvian Hewis Tuxedo
  • Hazzel Card
  • La Freeze Photo & Bridal
  • Libra Cake
  • Mr. Budi’s Group M.C & Entertainment
  • Tanjung Lesung Resort
  • Weddingku.com
  • Wedding World

Informasi lebih lanjut, Hubungi :
Wedding World :
(021) 6898 8879, 3311 6005
0815 8870117
0878 77028789

WEDDING EXHIBITION BY WONG HANG, GRAMEDIA EXPO SURABAYA


Hari: Jumat - Minggu
Tanggal: 5-7 September 2008
Pukul: 11.00 - 21.00
Tempat: Gramedia Expo Surabaya

Bridal Show:
Sabtu, 6 September 2008:
Demo make up by La Tulip
JM Bridal, Bintang tamu : Donita

Minggu, 7 September 2008:
XN Bridal, Bintang tamu : Dominique

Dazzling Bridal Show with Guest Star
iIlusionis Demian & Ari Wibowo
Fadlan + Fadli, Donita, Dominique
Dancing Show by Tabrets Dancer

Hadiah Mobil Diundi: 7 September 2008
Standing cooker senilai Rp. 15.000.000
Kulkas 2 pintu dll

Door Prize + Ratusan Hadiah!!

Disc 40% + Cicilan 0%

TV Partner: Metro TV

Official Bank Partner: Bank Mega

Supported by:

  • Vertex
  • Steve`s Decor
  • Vincent Professional Light System
  • Tecnogas
  • HITACI
  • Travel Pass
  • Blesing
  • Ichiko
  • Haagen Dazz
  • Cadbury
  • Maestro
  • JM Bridal Salon
  • Portrait The Wedding
  • Gordon Max
  • Tarzan Photo
  • Indocafe
  • La Tulip
  • Taste`n Taste
  • Cerevita
  • ZAsee what happens
  • WRP
  • Yakult
  • Xn Make Up Artist
  • Chitato
  • Perfectday
  • Weddingku.com
  • Haribahagia.com
  • Bulanmadu.com
  • Weddingindonesia.com

Participants:

Jas Pengantin: Wong Hang

Saon & Bridal:

  • Agus Salon
  • Audy Make up & Bridal House
  • Chaty Salon
  • Chris Salon
  • House of Jhony
  • House of Angel`s
  • House of Lea
  • Ideal Salon
  • Jane`s Atelier
  • JM Bridal & Salon
  • L`Frans
  • Melinda Salon
  • Olivia Bridal
  • S`tl Bridal
  • Sydney Couture
  • Taipei Exquisite Bridal
  • Tinara Bridal Boutique & Salon
  • Variti Salon & Bridal House
  • Xn Bridal

Foto:

  • Absolute PhotoAll Season
  • Exclusive Photography
  • Helios Photo
  • Imagine Photo
  • Indigo Photo
  • JW Photo
  • Marcelles Photography
  • Memory Photo Video Candid
  • Portrait The Wedding
  • Ricky L Studio Foto
  • Singapore Focus Wedding
  • Snap Photo
  • Tarzan Photo Bridal Salon
  • Zenda Photo

Kue Pengantin:

  • Jelly Cake
  • Malica Cake

Dekorasi:

  • Eden Decorasi
  • Crystal Decor
  • Double V Decoration
  • Memoir Decoration
  • Steve`s Decor

Videography:

  • Mocca Video
  • Recodr Video
  • The Premiere Video Production
  • Vertex Production
  • Yes Video

Dancers:

  • Absolute Dance Group
  • Tabrets Dance

Kartu Undangan:

  • Chandra Atmaja
  • Invite Wedding Invitation & Stationaries
  • Spira Invitation
  • Vinas Invitation

Souvenir:

  • BJ Souvenir
  • Rosemary Souvenir
  • Tupai Handicraft

Hotel & Conv Hall:

  • Bukit Darmo Golf
  • Ciputra Golf & Family Golf
  • Country Heritage
  • Garden Palace
  • Hyatt Regency Surabaya
  • Mercure Grand Mirama Surabaya
  • New Royal Restaurant
  • New San Thaw
  • Novotel Surabaya
  • Resto 9
  • Royal Regal Hotel
  • Taste n Taste

Perhiasan:

  • Imperial Jewelry
  • Indoseni Jewel

Special Effect:

  • 9 Effects
  • Air Magic

Wedding Car: Blessing Wedding Card & Service

EO:

  • 4 Enternity
  • La Party
  • Marvelous
  • Over Dream
  • Sayogo Incorporated

Sound Lighting:

  • Vincent Tata Cahaya Professional
  • Maestro Tata Suara Professional
  • The Next Project

Lain-Lain:

  • Bulanmadu.com
  • Cadbury Chocolate
  • Fissler
  • Ginni Parfume
  • Haagen Dazs Ice Cream
  • Kayu Manis Spa
  • La Tulip
  • Toys 4 Rent
  • Travel Pass
  • ZA Cosmetics

TERBUKA UNTUK UMUM

Info:
Tlp. 031 594 1628
www.wonghang-exhibition .com

Monday, August 25, 2008

Special Effects

Jenis-jenis Special effects yang biasanya digunakan pada pesta antara lain :

1. Confetti. Perca plastik atau kertas warna-warni yang biasanya ditembakkan ke udara atau ditumpahkan dari langit-langit pada suatu perayaan, terutama pernikahan atau puncak acara. Bentuk perca ini pun bisa bermacam-macam, bentuk bulat, hati, kupu-kupu, dsb. Anda pun bisa membuat sendiri dengan perforator (hole puncher). Banyak toko perlengkapan pesta biasanya menyediakan confetti siap pakai. Berbeda dengan confetti adalah glitter yang jauh lebih kecil dan biasanya warnanya mengilap.

2. Soap Bubble atau gelembung sabun tentu Anda kenal. Seperti mainan masa kanak-kanak, bola transparan tipis ini ditiupkan ke awang-awang. Efek ini dapat membawa nuansa keceriaan. Sebagai efek pesta, gelembung sabun diciptakan oleh mesin kecil yang dapat secara berkesinambungan menembakkan gelembung-gelembung sabun di udara.

3. Pyrotechics adalah campuran elemen yang menghasilkan suara, nyala terang, panas dan asap, hingga percikan kembang api. Pyrotechnics bisa digunakan saat pengantin tiba, atau biasanya digunakan saat pemotongan kue pengantin.

4. Dry ice. Efek kabut pekat dari karbondioksida padat yang dapat bertahan cukup lama. Dry ice tidak meleleh, melainkan menjadi gas. Selain itu digunakan juga gunsmoke, yaitu mesin penghasil asap. Berbeda dengan dry ice, asap yang dihasilkan gunsmoke tidak pekat dan membubung memenuhi ruangan secara merata. Biasanya asap-asap ini dapat menghasilkan suasana romantis maupun “dreamy” bagai di awan-awan.

5. Lighting atau tata cahaya yang diatur khusus juga dapat menghasilkan nuansa warna terpilih, maupun kekuatan dekorasi yang bersih. Misalnya cahaya dari warna tertentu dan bentuk-bentuk tertentu ditembakkan ke dinding panggung sebagai latar, maupun lantai, hingga ke tiap-tiap meja sajian, untuk memberi penekanan pada hidangan istimewa. Termasuk disini adalah penggunaan sinar laser yang diatur sesuai dengan tema pesta, misalnya memberi efek-efek gelembung air, sehingga ruangan pesta bernuansa dasar laut, dsb.

sumber: www.duniawedding.com

Thursday, August 21, 2008

Tradisi Perkawinan Cina

Upacara perkawinan Cina sesuai dengan tradisi turun-temurun. Seiring kemajuan zaman, saat ini ada beberapa acara yang tidak lagi dilakukan. Biasanya tergantung dari tradisi yang dianut masing-masing keluarga

Dalam perkawinan Cina, ada beberapa ritual acara yang dilakukan. Dari mulai lamaran sampai resepsi. Proses perkawinan Cina sendiri selama ini dilakukan menurut tradisi turun-temurun. Dimulai dari acara sanjit yang dilakukan beberapa hari sebelum resepsi. Sanjit merupakan seserahan dari pihak laki-laki pada pihak perempuan yang antara lain berisi koin emas, jamur, telur dan makanan khas Cina. Menurut tradisi Cina, setiap barang yang dibawa untuk sanjit mempunyai arti tersendiri.

Setelah upacara sanjit, dilakukan penataan kamar pengantin oleh orang tua. Ada kepercayaan beberapa orang untuk meminta anak kecil meloncat-loncat di atas tempat tidur pengantin. Hal ini menurut kepercayaan mereka mempunyai arti agar sang pengantin cepat mendapatkan keturunan. Meski tidak semua keluarga Cina menjalankan tradisi ini tetapi masih cukup banyak juga yang melakukannya. Kemudian pada hari pelaksanaannya, biasanya diadakan acara pengantin memasangkan jas kepada pengantin pria dilengkapi dengan sarung tangan.

Lalu ditambah juga dengan bunga tangan yang akan diberikan kepada pengantin wanita. Sedangkan di pihak pengantin wanita juga diadakan acara pelepasan. Acara pelepasan ini disambung dengan acara temon, yaitu acara penjemputan ke tempat mempelai wanita. Bagi keluarga yang masih mengikuti tradisi Cina dan punya kepercayaan sendiri, saat untuk temon biasanya diatur lebih dulu untuk mencari jam yang baik untuk penjemputan dan kapan waktu yang baik saat pengantin keluar rumah.

Tradisi lainnya saat temon, orang tua dan pengantin wanita tidak boleh langsung bertemu dengan pengantin pria. Biasanya yang menerima pada saat pengantin datang adalah wali yang ditunjuk oleh orang tua pengantin wanita. Tapi ada juga yang langsung diterima oleh orang tua. Sedangkan pada saat pengantin turun dan mobil sebaiknya dibukakan pintu oleh best man pengantin pria atau adik laki-laki pengantin wanita, jika mengikuti tradisi tersebut, adik laki-laki pengantin wanita akan memberikan jeruk pada pengantin pria. Sebaliknya pengantin pria memberikan angpau untuk adik laki-laki pengantin wanita. Hal tersebut mempunyai arti ucapan terima kasih.

Pengantin pria dengan pengantin wanita pun tak boleh bertemu di ruang tamu, namun langsung ke kamar pengantin. Setelah pemberian hormat kepada orang tua, pengantin pria langsung dibawa ke kamar. Dilanjutkan dengan pemberian bunga untuk pengantin wanita dan sebaliknya pengantin pria dipasangkan corsage oleh pengantin wanita. Di saat yang sama diadakan acara ‘makan onde’. Acara ini juga tergantung pada keluarga mempelai kedua belah pihak. Ada yang masih mengikuti tradisi tersebut, ada juga yang tidak.

Sesuai tradisi Cina, beberapa hari sebelum resepsi biasanya diadakan acara tea pai di rumah keluarga pengantin pria dan di rumah keluarga pengantin wanita. Tea pai merupakan acara minum teh yang dilakukan untuk memperkenalkan keluarga masing-masing dan menghormati orang yang dituakan. Saat ini tea pai dilakukan sore hari sebelum resepsi perkawinan. Biasanya pengantin langsung memakai baju pengantin internasional. Tapi jika diadakan beberapa hari sebelum resepsi, pengantin bisa memakai baju cheongsam khas Cina. Tradisi Cina lainnya, ada yang menambahkan angco dan gula batu pada teh yang akan diberikan pada pihak keluarga. Bersamaan dengan pemberian teh dan pengantin, pihak keluarga memberikan angpau pada pengantin. Untuk perkawinan Cina yang lebih modern, acara tea pai dilakukan pada hari yang sama dengan resepsi dan tidak lagi dilakukan temon. Pengantin langsung bertemu di gereja saat pemberkatan. Keseluruhan prosesi perkawinan Cina saat ini sudah lebih singkat dan dibuat lebih modern. Upacara sanjit misalnya, tak selalu dilakukan, begitupun ritual perkawinan bisa dipersingkat menjadi hanya sehari saja.


Sumber : Majalah Dewi
Blogged with the Flock Browser

Konsep Pesta - Fairytale

Konsep pernikahan pada umumnya hanya berkisar pada pernikahan internasional dan tradisional. Jika Anda terjebak dengan konsep pernikahan yang itu-itu saja, saatnya Anda melirik konsep pernikahan yang satu ini, konsep pernikahan fairytale..! Konsep pernikahan ini terbilang unik. Mengapa? Karena diangkat dari kisah dongeng impian masa kecil yang diaplikasikan ke dalam sebuah pesta pernikahan.

Bisa jadi Anda menjadi tokoh dongeng kesukaan Anda waktu kecil. Walaupun sedikit ribet dan banyak persiapan yang harus dilakukan, tapi mengingat hasilnya, Anda pasti tidak sabar untuk mewujudkannya. Nah…seperti apa dan apa saja yang harus dipersiapkan, yuk simak obrolan dengan dua Wedding Planner, Connie dari Connie & Friends dan Hendry dari Wine Wedding Planner.

Konsep pernikahan yang menggunakan konsep fairytale, biasanya menggunakan cerita-cerita dongeng (fairy) seperti Cinderella, Snow White”, jelas Connie dari Connie & Friends.

Hendry dari Wine Wedding Planner juga menambahkan “Konsep pernikahan ini selain bisa diangkat dari cerita dongeng (fairy) bisa juga dari dekorasi, musik dan warna yang dipilih untuk tema pernikahan.”

Dan yang perlu diperhatikan adalah dance dan ballroom dance karena identik dengan kisah fairytale. Mulai dari lighting, tema dekorasi sampai ke musik. Musik dipilih yang berkesan mewah dan megah sesuai dengan ceritanya.

Kebanyakan ide ini datang dari impian masa kecil calon pengantin tentang dongeng-dongeng atau tokoh-tokoh favorit mereka. “Para pengantin wanita mencoba menterjemahkan tokoh favorit mereka atau impian mereka tentang kisah happily ever after love story yang mereka kenal kisahnya sejak kecil,” “dan ide awal tentang konsep spesial seperti tokoh princess datang dari pengantin setelah kami ajak bicara mengenai tema pesta apa yang paling mereka idamkan dalam pesta mereka, baru kami buatkan konsep dasar acara pesta berdasarkan tema yang dipilih,” lanjut Connie.

Sedangkan menurut Hendry, “Kebanyakan pasangan memilih konsep pernikahan ini karena perempuan lebih dimanjakan dan kisahnya happy ending. Sehingga dipercaya pernikahannya bisa berakhir hepi…”

Persiapan pertama adalah menanyakan tentang tempat resepsi dan jumlah tamu serta jenis pestanya sendiri karena semua saling berhubungan. Pihak Wedding Organizer biasanya mengusulkan dekorasi yang harus dibuat untuk bisa menampilkan impian mereka dan juga usul gaun/jas pengantin, para penerima tamu, bentuk souvenir dan jenis musik pengiring pesta.

Warna
Warna-warna yang dipilih untuk pesta pernikahan yang menggunakan konsep fairytale ini tidak melulu mengikuti cerita / kisah dongeng, seperti misalnya Snow White yang menggunakan warna-warna seperti merah dan biru tapi pemilihan warna seperti bronze, burgundy dan mocca untuk dekorasinya bisa menjadi pilihan.


Kalau biasanya yang terbayang saat menceritakan kisah Cinderella adalah warna-warna biru pastel, ternyata tidak melulu harus seperti itu. “Pemilihan warna-warna hangat seperti bronze, burgundy, mocca atau maroon bisa menjadi pilihan untuk memberi kesan mewah dan modern (dongeng tapi dibungkus dalam nuansa yang modern),” jelas Hendry.

“Untuk pemilihan warna ini, bagi beberapa pengantin yang masih ada pantangan warna.
Tapi bagi sebagian besar klien kami, warna favorit merekalah yang mereka pilih. Warna apapun yang dipilih asalkan menunjang tema, selaras dengan kondisi ruang pesta plus pakaian yang akan dikenakan pengantin dan keluarga besarnya pasti akan tampil istimewa.”Yang membuat kacau adalah bila tidak ada kesepakatan dalam panitia dan keluarga untuk memilih satu warna dasar dalam pesta tersebut. Misalnya, warna yang dipilih adalah pink fushia dan turunannya, tetapi keluarga pengantin dan panitia malah menggunakan seragam gaun dengan warna maroon, bahkan salem hahaha…” jelas Connie sambil tertawa.


Hendry Wine Planner juga menambahkan, “Untuk dresscode busana keluarga pengantin dan panitianya, warna-warna yang dipilih harus disesuaikan dengan tema warna, bisa warna-warna line green, baby blue untuk kesan elegance atau warna-warna bronze dan mocca untuk kesan luxury."


Prosesi dan Dekorasi
“Bagi yang mengangkat kisah dongeng untuk pernikahannya, seperti Snow White, Cinderella dan lain-lain, prosesi pestanya bisa diangkat dari kisah fairytale-nya sendiri, tapi tidak terlalu dalam-hanya mengambil bentuk dasar yang bisa langsung terbaca oleh para tamu,” jelas Connie. “Misalnya untuk Cinderella di Hotel Mulia, dekorasi bentuk istana lengkap dengan kastil dan tangganya lalu kereta kencana lengkap dengan kuda putihnya yang terbuat dari pahatan, karena tidak memungkinkan memasukkan kuda hidup ke dalam ballroom. Mengaplikasikan ke prosesi pernikahan tentu saja butuh keahlian,” lanjutnya.


“Dan untuk ornamen yang biasa digunakan yaitu pohon-pohon besar dan sulur-sulur yang melingkar,” tambah Hendry.

Jangan salah, pernikahan dengan menggunakan konsep fairytale bukan berarti pestanya jadi terkesan kekanakan,”karena tema yang diambil adalah cerita klasik anak-anak mau tidak mau harus diusahakan supaya tidak menjadi seperti pagelaran cerita anak-anak. Kedewasaan, keanggunan sang puteri/pangantin wanita, kemegahan sebuah kerajaan dengan sang pangeran/pengantin pria harus tercermin tanpa membuat mereka tampil seperti tokoh kanak-kanak,” lanjut Connie. Karena itu bagi Anda yang tertarik mengadakan pesta pernikahan ala fairytale ini, tidak usah khawatir pestanya akan seperti pesta ulang tahun sweet seventeen atau pesta ulang tahun anak-anak..^^



Detailnya (kartu undangan, souvenir dan lain-lain)
Untuk detail pernikahan seperti kartu undangan, souvenir dan lain-lain biasanya mengikuti tema yang sudah ditetapkan. Menurut Connie, “Tema yang dipilih sebaiknya diaplikasikan ke semua detil dalam pesta. Jadi dari pertama sejak mendapat undangan, para tamu sudah bisa membayangkan bahwa pesta yang akan mereka hadiri punya sesuatu yang unik dan berbeda. Membuat tamu penasaran akan pesta yang akan digelar selalu dimulai dari undangan yang mereka terima. Makin unik tentu saja makin penasaran, bukan...”


Waktu Persiapan

Waktu untuk menyiapkan pesta pernikahan dengan konsep unik ini sebaiknya dilakukan setahun sebelumnya atau minimal 6 bulan. Jadi kalau sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, masih punya waktu untuk mencari jalan keluarnya.

Published by: www.weddingku.com

Prosesi Sangjit

Beruntunglah kita yang memiliki budaya. Yang meski telah berpendidikan tinggi dan hidup di lingkungan modern yang serba instan dan praktis ini, tak melupakan akar filosofi dan kekayaan budaya tersebut. Karena seperti kata peribahasa Mesir kuno, manusia tanpa budaya bagaikan kapal yang terombang-ambing tanpa tujuan.

Di antara suku bangsa di dunia salah satu adat yang sangat kompleks dan termasuk yang paling tua tentunya adat Tionghoa yang kali ini kami pilih, yaitu dalam hal proses dan makna Sangjit yang merupakan salah satu dari sekian rangkaian adat pernikahan Tionghoa. Tentu karena demikian banyak suku-suku masyarakat Tionghoa, maka prosesi yang sama biasanya memiliki banyak variasi tergantung budaya setempat (terutama bagi kaum imigran) dan kondisi ekonomi.


Prosesi Seserahan Adat Tionghoa atau Sangjit

Dalam rangkaian adat Tionghoa, Sangjit dilakukan setelah acara lamaran. Hari dan waktu yang baik untuk melakukan Sangjit ini ditetapkan pada saat proses lamaran tersebut. Dalam prakteknya, Sangjit sering ditiadakan atau digabung dengan lamaran. Namun sayang rasanya meniadakan prosesi yang satu ini, karena makna yang terkandung di dalamnya sebenarnya sangat indah.

“Secara harfiah, Sangjit dalam bahasa Indonesia berarti proses seserahan. Atau proses kelanjutan lamaran dari pihak mempelai pria dengan membawa persembahan ke pihak mempelai wanita,” jelas Anthony S. dari Anthony S. Musical Connections.

“Prosesi ini biasanya dihadiri rombongan pria yang terdiri dari keluarga inti dan keluarga besar (saudara dari orang tua, sepupu) atau teman-teman dekat jika dibutuhkan,” ungkap Henry dari Wine Wedding Planner. Sangjit biasanya diadakan antara 1 bulan sampai 1 minggu sebelum acara resepsi pernikahan dan berlangsung siang hari antara jam 11.00 sampai dengan 13.00 WIB dilanjutkan dengan makan siang.


Tata Caranya

  1. Wakil keluarga wanita beserta para penerima seserahan (biasanya anggota keluarga yang telah menikah) menunggu di depan pintu rumah.
  2. Dipimpin oleh anggota keluarga yang dituakan, rombongan pria pun datang membawa seserahan ke rumah si wanita. Rombongan ini terdiri dari: wakil keluarga serta para gadis/pemuda yang belum menikah pembawa nampan seserahan. Oh iya, di beberapa adat orang tua pria tidak ikut dalam prosesi ini. Seserahan diberikan 1 per 1 secara berurutan, mulai dari seserahan untuk ke-2 orang tua mempelai wanita, lalu untuk mempelai wanita, dan seterusnya.
  3. Barang seserahan yang sudah diterima oleh pihak mempelai wanita dibawa ke dalam kamar untuk diambil sebagian. (lihat paragraf berikut)
  4. Dilanjutkan dengan ramah tamah.
  5. Pada akhir kunjungan, barang-barang seserahan yang telah diambil sebagian diserahkan kembali pada para pembawa seserahan. Dan sebagai balasannya, keluarga wanita pun memberikan seserahan pada keluarga pria berupa manisan (seperti permen/coklat) dan berbagai keperluan pria (baju, baju dalam, sapu tangan. Wakil keluarga wanita juga memberikan ang pao ke tiap-tiap pembawa seserahan yang biasanya terdiri dari para gadis/pemuda yang belum menikah tersebut (ang pao diberikan dengan harapan agar enteng jodoh). Jumlahnya variatif, biasanya sekitar Rp. 20.000 – Rp. 50.000.


Barang-barang seserahan Sangjit


Sebelum keluarga calon pengantin pria memutuskan barang apa yang akan dibawa, sebaiknya didiskusikan bersama keluarga si wanita terlebih dahulu. Barang-barang ini tentu saja memiliki makna simbolis yang juga disesuaikan dengan kondisi ekonomi mempelai pria. Setelah ditentukan, barang-barang tersebut diletakkan dalam nampan-nampan yang berjumlah genap, biasanya maksimal berjumlah 12 nampan.

Hal yang menarik saat acara ini adalah bahwa sebagian besar barang-barang seserahan ini sebaiknya sebagian dikembalikan lagi pada keluarga pengantin pria. Karena, bila keluarga wanita mengambil seluruh barang yang ada, artinya mereka menyerahkan pengantin wanita sepenuhnya pada keluarga pria dan tak akan ada hubungan lagi antara si pengantin wanita dan keluarganya. Namun bila keluarga wanita mengembalikan separuh dari barang-barang tersebut ke pihak pria artinya keluarga wanita masih bisa turut campur dalam keluarga pengantin.



Barang-barang seserahan biasanya terdiri dari :

  1. Alat-alat kecantikan dan perhiasan untuk mempelai wanita (kadang-kadang juga sepatu untuk hari H)
  2. Pakaian/kain untuk mempelai wanita. Maksudnya adalah segala keperluan sandang si gadis akan dipenuhi oleh si pria.
  3. Uang susu (ang pao) dan uang pesta (masing-masing di amplop merah). Pihak mempelai wanita biasanya hanya mengambil uang susu, sedangkan untuk uang pesta hanya diambil jumlah belakangnya saja, sisanya dikembalikan. Contoh uang pesta sebesar: Rp. 1.680.000,- namun yang diambil hanya Rp. 80.000,- Apabila keluarga wanita mengambil seluruh uang pesta, artinya pesta pernikahan tersebut dibiayai keluarga wanita.
  4. Tiga nampan masing-masing berisikan 18 buah (apel, jeruk, pear atau buah yang manis lainnya sebagai lambang kedamaian, kesejahteraan dan rejeki). Pihak mempelai wanita mengambil separuhnya, sisanya dikembalikan.
  5. 2 pasang lilin merah yang cukup besar diikat dengan pita merah, sebagai simbol perlindungan untuk menghalau pengaruh negatif. Lilin motif naga dan burung hong lebih disukai. Pihak mempelai wanita mengambil 1 pasang saja.
  6. Sepasang kaki babi (jika tidak ada dapat digantikan dengan makanan kaleng) beserta 6 kaleng kacang polong. Pihak mempelai wanita mengambil separuhnya.
  7. Satu nampan berisikan kue mangkok berwarna merah sebanyak 18 potong, sebagai lambang kelimpahan dan keberuntungan. Pihak mempelai wanita mengambil separuhnyan.
  8. Satu nampan berisikan dua botol arak atau sampanye. Pihak mempelai wanita mengambil semuanya, dan ditukar dengan dua botol sirup merah dan dikembalikan ke pihak mempelai pria.



Seniman kain dan pakar batik Obin ternyata juga seorang tokoh yang sangat concern dan mendalami adat istiadat Tionghoa. Selain barang-barang di atas, menurutnya proses Sangjit ini bisa juga ditambah dengan :

  1. Kue satu, terbuat dari kacang hijau yang dijual satu-satu, artinya dua kebahagiaan menjadi satu.
  2. Kaca, artinya berkaca pada diri sendiri, self conscious-morality.
  3. Buah-buahan
    - Buah atep yang disepuh merah, artinya agar tetap langgeng sampai kapan pun.
    - Buah ceremai, artinya agar rumah tangganya rame, happy, banyak sahabat dan keturunan.
    - Buah leket, artinya agar nempel dan lengket sampai kapan pun.
    - Buah atapson dari Kalimantan yang tumbuh di atas atap. Kalau sudah mulai muntah, mual-mual dikasih buah ini untuk memancing kehamilan.
    - Buah pala, tumbuh tegak lurus dimana pun dia ditanam, artinya kalau lurus, baik-baik saja maka dimana pun dia berada tetap tidak berubah.
  4. Uang-uangan dari emas yang di-emboss kata ‘fuk’, yang dalam bahasa Indonesia berarti hoki/untung.
  5. Dua bundel pita berupa huruf Cina yang berarti double happiness, artinya agar happy sampai tua nanti.

Published by: www.weddingku.com

Konsep Prewedding Urban Pop Culture


Kemarin saya baru melihat foto pre-wedding seorang teman. Posenya? Jalan berdua pasangan bergandengan tangan dengan kostum yang seragam: atasan berwarna putih polos berpadu celana jeans dengan tangan menunjuk ke atas serta mata menerawang. “Duh.. Plis deh.. Ini mah basi euy!..” seru saya (tentu dalam hati karena tak ingin menyakiti hati teman yang sedang berbunga-bunga). Fenomena “gaya sejuta umat” ini menyebabkan saya merasa ‘terpanggil’ untuk mengupas berbagai ide-ide foto pre-wedding yang unik dan segar hanya untuk para weddingku-ers!

Sebenarnya tidak ada yang salah sih dengan adegan foto pre-wedding tersebut dan bahkan banyak yang bagus. Namun rata-rata calon pengantin (capeng) tentu tidak ingin foto pre-weddingnya biasa saja atau seragam dengan yang lain. Mungkin banyak capeng yang sering kehabisan ide untuk foto pre-weddingnya dan hanya berpikir ‘yang penting gue punya foto pre-wedding!’ tanpa peduli konsepnya, atau memang di tengah kalang kabutnya persiapan menjelang hari H para capeng jadi terlalu sibuk untuk memikirkan tema. Padahal sebenarnya banyak sekali hal yang bisa digali agar foto mereka terlihat lebih menarik. Nah, untuk membantu para capeng menemukan inspirasi foto pre-weddingnya, di edisi kali ini saya tertarik mengupas gaya yang satu ini: urban pop culture.

Maksudnya, bergaya ala manusia perkotaan dengan nuansa pop. Gaya hidup manusia urban cenderung cuek, apa adanya, dekat dengan keseharian, dan sangat terpengaruh dengan budaya pop di zamannya. Kita bisa coba bergaya ala pop tahun 60-an dengan warna-warnanya yang agak usang plus kaca mata Jackie-O dan kalung beads yang besar-besar dan warna-warni (yang kebetulan sekarang sedang ‘in’!). Atau bisa juga mengadopsi gaya pop tahun 80-an dengan topi softballnya, kemeja yang kerahnya dinaikkan atau kemeja yang ujungnya diikat ala Club Eighties ^_^ Buat kamu yang menyukai gaya vintage, cocok banget tuh!! Untuk gaya pop modern, saya menemukan sebuah foto yang unik dari Fish Photo (atas). Dengan nuansa kehijauan, kedua capeng duduk dengan gaya yang santai dengan latar belakang mobil-mobil bekas. Warnanya yang kontras mengingatkan kita akan foto-foto masa lalu namun tetap memiliki sentuhan masa kini.. Kostum yang dikenakan juga sangat ‘gue banget’.. Hanya kaos dan celana jeans / rok mini.

"Biasanya kita ketemu dan ngobrol-ngobrol dulu dengan klien, membicarakan apa konsep yang diinginkan. Untuk pemotretan kali ini, calon pengantinnya menentukan sendiri bahwa mereka ingin foto di sebuah bengkel. Klien kita ini memang dari advertising, yang biasanya mereka memang sudah punya konsep sendiri. Seperti foto ini (atas) misalnya, mereka nggak mau foto dengan gaya itu-itu saja, mereka mau something yang beda, yang betul-betul mencerminkan keseharian mereka.", jelas Fish Photo.

Lain lagi dengan pendekatan yang dilakukan Dua Lensa pada foto berikut. Foto bernuansa romantis ini (kiri) membuat kita berkhayal tentang kencan-kencan berdua dengan pasangan di teras rumah berdinding dan lantai batu dengan baju merah jambu. Angle yang diambil juga tidak biasa yaitu dari atas. Fotografer yang satu ini memang selalu berprinsip bahwa foto itu harus fun!

“Kalau foto itu fun, ekspresi akan keluar. Nah, ini dia yang dicari-cari, karena ekspresi wajah capeng adalah detail yang sangat menentukan bagus tidaknya sebuah foto. Gayanya juga dipilih sesuai dengan keseharian mereka. Seperti suatu kali, kita pernah mengambil setting selagi mereka pacaran, mengulang kenangan saat cowoknya nge-date pertama kali ke rumah si cewek dengan membawa bunga.”
Hmm... mengulang kenangan masa lalu.. Boleh juga idenya... Bisa juga dengan memakai suasana masa kuliah waktu pertama kali berkenalan. Seperti pada foto Edward Suhadi berikut (kanan) yang nuansanya simpel dan kampus banget! Meski sebenarnya latar belakang foto ini adalah sebuah sanggar, namun sudut yang diambil berlatar belakang mading membuat mereka

seolah-olah tengah berada di kampus. "Soal ide pemotretan, kita omongin dulu sama klien. Setelah ngobrol-ngobrol, kita kan jadi tau chemistrynya". Edward menambahkan, "soal tempat, nggak usah yang jauh-jauh, bisa tempat sehari-hari yang biasa kamu kunjungi dengan pacar kamu".

Lokasi memang bisa menentukan uniknya sebuah foto. Edward mau membuka sedikit rahasianya: "menurut saya, fotografer yang bagus itu selalu mencari tempat yang berbeda-beda dengan fotografer lainnya. Kalaupun mengambil lokasi yang sama, spotnya nggak mesti sama, misalnya jangan di pohon yang itu-itu lagi. Asal tahu aja, di lokasi pemotretan yang populer tuh biasanya udah ada calon-calon pengantin lain yang menunggu. Jadi kita harus pinter-pinter mencari alternatif tempat. Contohnya aja nih, mencari lokasi yang dekat dengan calon pengantinnya, kota kelahiran misalnya. Pernah lho satu kali kita khusus motret ke Jember, karena itu adalah kota kelahiran si pengantin wanita.”

Namun di luar kasus unik seperti itu, gaya ini sebenarnya bisa memangkas budget pernikahan kamu, karena lokasi pemotretan bisa di mana saja. Nggak usah pusing keluarin duit demi menyewa tempat di kafe atau hotel, karena hanya dengan latar belakang yang sederhana atau dekat dengan gaya pacaran kamu -seperti di mobil misalnya, sudah

bisa menjadikan fotomu spektakuler dan yang paling penting –berkesan! Karena pada umumnya yang menentukan kualitas sebuah foto adalah keahlian si fotografer dalam memainkan warna, lighting (pencahayaan) dan angle yang diambil. Suasana sehari-hari juga memungkinkan kamu untuk bergerak bebas dengan gaya ‘suka-suka’ dan mintalah fotografermu untuk memfoto secara candid atau tidak direncanakan. Ekspresi yang spontan dan santai ini sering menjadikan foto ala urban pop ini menjadi humoris dan mengundang senyum siapa pun yang melihatnya.

Saat ini gaya tersebut belum terlalu sering digunakan sebagai tema foto pre-wedding sehingga masih banyak gaya yang bisa dieksplorasi. Bermain-mainlah dengan busana dan aksesori yang akan kalian kenakan saat pemotretan. Pilihlah gaun simpel dengan motif bunga yang nyentrik atau kemeja pas badan motif kotak-kotak ala tahun 70-an (bila pasangan pria mau mengenakannya). Pergilah ke coffee shop atau bahkan warung kopi pinggir jalan di mana kamu dan pasangan pernah duduk bareng lalu mulailah bicara ngalor ngidul dengan santai seperti dulu sementara si fotografer menangkap ekspresi kalian dari kejauhan... Browsing koleksi foto di website. Kumpulkan poster-poster film atau cover CD yang kamu suka dan bayangkan pose kamu dan pasangan di dalam poster tersebut! Misalnya bergaya jadul ala grup musik White Shoes & The Couples Company dengan latar belakang Monas, atau masih banyak lagi gaya spontan lainnya. Seru kan? Selamat bermain-main!


7 TIPS SUKSES

untuk mewujudkan pre-wedding ala urban pop culture yang oke!


1. Jangan takut bereksperimen. Jangan pedulikan pikiran orang lain, yang penting kita harus menikmatinya.
2. Tak perlu menjadi dirimu sendiri 100%, jadilah tokoh favoritmu, namun jangan dipaksakan bila ada yang dirasa kurang sesuai. Ingat, harus ada chemistrynya lho.
3. Kaitkan dengan hobi, misal pakailah sepatu dekil andalan pas sepak bola (untuk pria) atau sepatu bapao yang SD banget itu (untuk wanita)!
4. Pakai perhiasan yang sedang ‘in’ misalnya: kalung tumpuk dan gelang tumpuk.
5. Scarf nyokap yang jadul banget itu, dililitin di leher dan taraaaa... jadi gaya deh ^^
6. Minta fotografermu mengambil dari angle yang tidak biasa
7. Enjoy!




Published by: www.weddingku.com





Tips Konsep Pesta

Mencari ide yang unik untuk pernikahan anda? Langkah pertama untuk menciptakan pernikahan yang unik anda dapat dimulai dengan membuat daftar apa yang anda serta pasangan anda suka dan tidak suka. Entah itu musik, style, warna, artis favorit atau hobi. Dari daftar ini anda dapat melangkah untuk memutuskan tema apa yang paling tepat buat anda. Tema pernikahan anda tidak perlu yang terlalu rumit, mungkin anda terinspirasi dengan warna soft pink dan dari situ anda bisa menyesuaikan semua kebutuhan pernikahan anda dengan warna tersebut.

Berikut adalah beberapa ide unik yang dapat dicoba untuk pernikahan anda:

  1. Music athmosphere. Disudut setiap ruangan perdengarkan lagu yang berbeda sesuai dengan makanan yang disediakan.Biasanya pengantin akan menyediakan gubuk-gubuk makanan yang letaknya dipojok ruangan pernikahan selain makanan tengah. Anda bisa memperdengarkan lagu yang berbeda disetiap sudut ruangan sesuai dengan asal makanan tersebut, contohnya; Gubuk sate dan soto bisa memperdengarkan lagu gendang Jawa, Gubuk BBQ dan Kebab bisa memperdengarkan lagu yang bergaya western.
  2. Tema Pakaian. Anda dapat menuliskan tema pakaian yang anda ingin tamu anda kenakan saat menghadiri acara pernikahan anda. Contohnya; tema anda adalah tradisional dan anda mengharapkan semua tamu yang datang memakai baju tradisional. (anda bisa menggunakan ide ini apabila tamu anda adalah teman-teman dan kerabat dekat anda)
  3. Buku tamu berfoto. Anda bisa menyediakan kamera Polaroid disetiap meja penerima tamu dan beritahu setiap penerima tamu untuk mengambil foto setiap tamu anda dan tempelkan disebelah tandatangan dibuku tamu yang sudah mereka isi.
  4. White never wrong.Warna putih untuk tema pernikahan anda tidak pernah salah.Cobalah sesuatu yang berbeda untuk pernikahan anda gunakan warna putih untuk pernikahan anda tapi jangan padu padankan dengan warna yang lain jadi gunakan semua gradasi warna putih. Contohnya; gunakan warna putih dan gradasinya untuk dekorasi, kue, mobil, karpet, dan sentuhan terakhir semua pelayan-pelayan dan panitia yang terlibat dalam pernikahan anda kenakan jas putih.
  5. Espresso Bar.Tambahkan dekorasi espresso bar dalam pernikahan anda. Dalam bar ini tamu anda dapat menikmati bermacam-macam kopi seperti; coffee lattes dan cappuccinos.
  6. DJ untuk meramaikan acara pernikahan anda. Menyewa seorang DJ untuk pernikahan anda merupakan ide yang menarik jadi campur suasana romantis anda dengan pertunjukan DJ dipertengahan acara tentunya akan menarik perhatian tamu-tamu anda.
  7. Sediakan pertunjukan khusus untuk anak-anak. Biasanya anak-anak tidak tahan untuk berada dipesta pernikahan lebih dari setengah jam dan tak jarang orang tua jadi malas untuk membawa anak-anaknya. Sewa balon boy, badut, pesulap untuk menarik perhatian anak-anak sehingga mereka tidak mengganggu jalannya acara pernikahan anda.
Published by: www.weddingindonesia.com

Diamonds Are Forever

Cincin adalah simbol dihari pernikahan. Alasan mengapa kebanyakan dari pasangan pengantin memilih berlian sebagai mata dari cincin pernikahan karena diamond adalah batu terkeras jadi untuk melambangkan cinta yang sejati.

Dalam memilih batu berlian ini ada 4 hal yang harus diingat yaitu 4c's -color, cut, clearity, cost.

  1. Color atau warna.
    Warna berlian yang paling baik adalah tidak berwarna atau putih bening menurut GIA (The Gemological Institute of America).
  2. Cut atau potongan batu berlian.
    Potongan berlian harus baik, bagaimana membedakannya? Potongan berlian yang baik memantulkan cahaya balik kemata pengamatnya. Potongan yang salah akan membuat cahaya yang dipantulkan dari batu tersebut redup.
  3. Clarity atau kejernihan.
    Dalam membeli cincin berlian perlu diingat untuk mengeker kejernihan dari batu berlian tersebut. Batu berlian yang baik adalah batu yang tidak bercacat. Kunjungi salah satu toko perhiasan biasanya mereka memiliki alat untuk mengeker kejernihan berlian. Jangan membeli sebelum yakin berlian yang anda beli tidak bercacat.
  4. Carat atau besarnya karat batu berlian. Ukuran berlian tentunya bermacam-macam dan lebih besar karat batu berlian tersebut akan lebih mahal jadi ukuran terserah pada anda.
Selain 4c's tersebut juga jangan lupa akan sertifikat kepemilikan cincin karena membeli cincin berlian merupakan salah satu investasi.

Published by: www.weddingindonesia.com

Songs Selection

Beberapa ide lagu untuk pernikahan anda:

ROMANTIC
1. "A Dream Is A Wish Your Heart Makes" (from Disney's Cinderella)
2. "At The Beginning" (Richard Marx & Donna Lewis)
3. "Beautiful in My Eyes" (Joshua Kadison)
4. "Beautiful" (Gordon Lightfoot)
5. "Crazy for You" (Madonna)
6. "Dreaming of You" (Selena)
7. "Eternal Flame" (The Bangles)
8. "Every Breath You Take" (The Police)
9. "Everything I Do" (Bryan Adams)
10. "Falling Into You" (Celine Dion)
11. "Friends" (Elton John)
12. "Heaven" (Bryn Adams)
13. "Here We Are" (Gloria Estefan)
14. "Hero" (Mariah Carey)
15. "Hold Me" (Whitney Houston & Teddy Pendergrass)
16. "I Swear" (John Michael Montgomerya)
17. "If I Never Knew You" (Shanice Wilson & John Secada)
18. "If" (Bread)
19. "Just The Way You Are" (Billy Joel)
20. "Kiss From A Rose" (Seal)
21. "Let It Be Me" (Everly Brothers)
22. "Love Me Tomorrow" (Chicago)
23. "More Than Can Say" (Alias)
24. "Nothing Gonna Change My Love" (Glenn Medeiros)
25. "Now and Forever" (Richard Marx)
26. "Oh, How The Years Go By" (Vanessa Williams)
27. "On The Wings Of Love" (Jeffery Osborne)
28. "So In Love With You" (UNV)
29. "So In Love" (k.d. Lang)
30. "Songbird" (Fleetwood Mac)
31. "Take My Breath A Way" (Berlin)
32. "The One" (Elton John)
33. "Truly, Madly, Deeply" (Savage Garden)
34. "When You Believe" (Whitney Houston & Mariah Carey)
35. "You Are The Sunshine Of My Life" (Stevie Wonder)
36. "You're Still The One" (Shania Twain)


CLASSIC
Lagu klasik adalah lagu yang bisa dikatakan untuk sepanjang masa. Biasanya lagu klasik ini digunakan untuk pembukaan atau acara prosesi orang tua dan pengantin.
1. "A Whole New World" Peabo Bryson & Regina Belle)
2. "As Time Goes By" (from Casablanca)
3. "At Last" (Etta James)
4. "Because You Loved Me" (Celine Dion)
5. "Can You Feel The Love Tonight" (Elton John)
6. "Can't Help Falling In Love" (Elvis Presley)
7. "Chances Are" (Johnny Mathis)
8. "Close To You" (the Carpenters)
9. "Could I Have This Dance?" (Anne Murray)
10. "Endless Love" (Diana Ross & Lionel Richie)
11. "From This Moment" (Shania Twain & Brian Adams)
12. "I Finally Found Someone" (Barbara Streisand & Bryn Adams)
13. "I Will" (The Beatles)
14. "It Had To Be You" (Harry Connick, Jr.)
15. "Love Theme To Romeo & Juliet" (from Zeffirelli's Romeo and Juliet)
16. "One Moment In Time" (Whitney Huston)
17. "The Best Is Yet To Come" (Frank Sinatra)
18. "Tonight I Celebrate My Love For You" (Roberta Flack & Peabo Bryson)
19. "Unforgettable" (Nat King Cole)
20. "Wedding Song (There Is Love)" (Captain & Tennille)
21. "Wedding Song (There Is Love)" (Petula Clark)
22. "When I Fall In Love" (Nat King Cole)
23. "Wonderful World" (Louis Armstrong)
24. "You Are So Beautiful" (Joe Cocker)

Wednesday, August 20, 2008

When To Have a Wedding

"Sediakan waktu yang cukup untuk merencanakan pernikahan anda setidaknya duabelas bulan karena dengan waktu yang cukup anda akan dapat memperoleh lebih banyak pilihan dan memilih yang terbaik untuk pernikahan anda."

Dalam merencanakan dan menentukan tanggal pernikahan sebaiknya perlu untuk mempertimbangkan beberapa faktor yang cukup penting seperti:

  • Keadaan cuaca dan musim.
    • Menikah dimusim hujan akan lebih baik diadakan di dalam gedung.
  • Hari dimana para undangan akan bisa datang.
    • Para pengantin biasanya memilih hari pernikahan pada akhir pekan hal ini disebabkan karena lebih besarnya kemunkinan undangan untuk bisa datang tetapi tidak jarang juga pengantin mengadakan pesta pernikahan di awal atau pertengahan minggu. Hal yang terpenting adalah apabila semua keluarga tidak berkeberatan maka hal tersebut tidak akan menjadi masalah.
  • Mempertimbangkan hari raya lainnya yang akan bertepatan dengan hari pernikahan anda.
    • Apabila hari pernikahan anda bertepatan dengan hari libur nasional tentunya tempat hiburan lainnya akan padat jadi harus mempertimbangakan waktu dan tempatnya
Published by: www.weddingindonesia.com

Apakah Wedding Organizer Dibutuhkan?

Jika ditilik dari segi bahasa, wedding atau pernikahan adalah satu kata yang simple tetapi juga rumit. Mengapa? Dalam sebuah pernikahan terdapat banyak faktor yang harus mendapatkan perhatian seperti waktu, energi, dan pikiran anda. Sedangkan organizer adalah perencana, pengatur dan pelaksana acara dan kegiatan pernikahan anda.

Menjadi wedding organizer hampir sama dengan event organizer lain pada umumnya. Sangat dibutuhkan komitmen, jaringan kerja yang luas, dan etos kerja yang tinggi untuk menangani acara khusus seperti pernikahan. Tentu saja anda dan klien menginginkan yang terbaik di hari istimewa ini. Wedding organizer adalah salah satu kunci yang dapat membantu anda dalam menangani acara pernikahan.

Mengapa jasa wedding organizer (WO) dibutuhkan? Umumnya bagi anda yang berasal dari keluarga besar pasti berpikiran dapat meminta bantuan seluruh anggota keluarga dalam menangani semuanya termasuk merencanakan, mengkoordinasikan, mengatur, dan melaksanakan serangkaian prosesi pernikahan anda. Poin plusnya adalah kegiatan ini dapat mengakrabkan anda dan keluarga, mulai dari yang sepuh hingga yang muda belia, setelah berkerja keras berbulan – bulan untuk memastikan acara pernikahan anda berjalan lancar dan sukses. dan Selain itu poin yang terpenting adalah anda dapat melakukan penghematan jika dibandingkan dengan menyewa jasa WO.

Di sisi lain, wedding organizer bekerja secara profesional membantu anda dalam mewujudkan pernikahan impian. WO memiliki pengetahuan, ide dan konsep dari hal terbesar hingga terkecil, mengenai hal terbaik yang seharusnya ada dan bagaimana melakukannya. WO akan menciptakan mimpi anda sekaligus mengikuti permintaan orang tua dan keluarga. Tidak ada satu hal yang akan terlewat, semua berjalan sesuai dengan rencana, dan acara berjalan dengan lancar. Poin plus dari WO adalah anda dan keluarga tidak akan merasa repot dan semua bisa dilakukan menurut budget anda.

Dan sekarang, apakah anda sudah memutuskan? Membutuhkankah anda jasa sebuah wedding organizer?

Published by: www.weddingindonesia.com

FOREVER LOVE WEDDING EXHIBITION AND GRAND OPENING OF CITYWALK SUDIRMAN FUNCTION HALL


EVENT DETAILS :
WHEN
Jumat - Minggu
22-24 Agustus 2008
10.00 - 21.00

WHERE
Citywalk Sudirman Function Hall
Jl. K.H Mas Mansyur No. 121 Jakarta

Spectaculer Music & Dancing by MC Erwan
Roger Danuarta & Angel Karamoy


Participants:

  • Adhika Catering
  • Bali Indah Catering
  • Christ Iwan
  • Chez Ingrid
  • Evie Sruni
  • Joy
  • Lea Martin
  • Hosanna
  • Melani
  • Nurmayasari
  • Yvonne
  • Sandjaya
  • Viantini
  • Yantie
  • Azalea Florist
  • Arcadia
  • Angela
  • Chally Decor
  • Evlin
  • Juliana
  • Grasida Dekor
  • Garda Dekor
  • Lili Vicky
  • Morita
  • Tata
  • Johny Danuarta
  • Eva Bun
  • Yvory
  • Kopaka
  • Martha Tilaar
  • Sekar Arum
  • MC Erwan
  • Siloam Enterprise
  • Mr. Budi`s Prayitno


Entertainment:

Bridal Show by Johny Danuarta & Kopaka, Citywalk Singer Festival
Mr. Budi`s & the three musketeers, The Magacian show
Penyelenggara:


PT. Graha Sarana Inti Management
Assembly Hall - Plaza Bapindo, 9th Fl.


Information:
Tlp. 021 526 6588, 526 680, 526 6141

GLORY OF LOVE BY FORTUNA PALAIS FUNCTION HALL



Hari: Jumat - Minggu
Tanggal: 22-23 Agustus 2008
Pukul: 10.00 - 20.00
Tempat: Fortuna Palais Function Hall
Gedung ITC Mangga Dua Lantai 11
Jl. Mangga Dua Raya

Paket Wedding Promo Mulai Dari 23 Juta

  • Gedung Baru Dengan Design Interior Yang Exclusive, Lokasi Gedung
  • Strategis, Full Carpet, Kristal, Ruangan Dilengkapi
  • System Keselamatan Pengunjung Tandard Hotel Bintang Lima
  • Lampu Emergency Dan Genset, Kapasitas Sampai 2000 Orang,
  • Parkir 3500 Mobil

MASIH TERSEDIA RUANGAN UNTUK HARI/TANGGAL & BULAN BAIK

Booking Sekarang, Hadiah Langsung:
HP, Dekor, Pondokan, Souvenir Cantik Fortuna Palais

Grand Prize
Nikah GRATIS Di Fortuna Palais

Door Prize
Honeymoon Ke Bali 3 Hari 2 Malam PP

Test Food Non Stop

Didukung oleh:

  • Bulanmadu.com
  • Smart Telecom
  • Pelangi Cake
  • Gramedia
  • Weddingku.com

Peserta:

Bridal:

  • Catherine
  • Debora
  • Linda
  • New Brides
  • Mitzi
  • Yes I Do

Catering :

  • Anggraeni
  • Awen
  • Heryadi’s
  • Kemenangan
  • Lada
  • Linda
  • Nurmaya Sari
  • Sandjaja

Dekorasi :

  • Asiatic
  • Mitra Seni

Entertaintment :

  • De One
  • Pink
  • Yusdenso

Kue : Pelangi

Jas : Wong Hang

Video Shoting & Photo Liputan :

  • Be Photographi
  • Fantasia

Lain :

  • Big Land
  • Bulanmadu.Com
  • Gramedia (Pameran Buku Murah)
  • Pristine Air Mineral Kesehatan & Kecantikan
  • Smart Telecom

SEMARANG WEDDING FESTIVAL 2008 BY MAHKOTA


Hari: Jumat - Minggu
Tanggal: 29 Agustus - 1 September 2008
Pukul: 10.00 - 21.30
Tempat: New PRPP Convention Centre Semarang

Acara:
Grand Bridal Show
Entertainment Show
Talk Show
Door Prize
Grand Prize 2 Mobil Cherry QQ

- Bella Donna Couple Contest 2008
(Prizes: Free Mahkota WO, Wedding ring, Tiket ke Malaysia,, Singapore, Bali) 31 Agustus - 1 September 2008
- Orchestra Great Concert 'A Night ij the West' 29 Agustus 2008 pkl. 19.00 WIB

Peserta:

  • Bridal, Tailor, Sanggar Rias, & Busana
  • Catering & Restaurant
  • Entertainment
  • Florist & Decoration
  • Hotel & Convention Hall
  • Kartu Undangan
  • Kue Pengantin
  • Lighting & Sound system
  • Perhiasan
  • Photo & Videeo
  • Rumah Mode
  • Souvenir & Accessories
  • Spa & Cosmetic
  • Special Effect
  • Produk penunjang lainnya

Supported by:

  • Duta Indah Digital Lab Studio Photo & Video Production
  • boss Photography
  • Galaxy Decoration
  • Lotus Production
  • Lasika Production
  • Chery
  • Korona Teknik Pendingin
  • New PRPP Convention Center
  • New Griya Kanaan
  • Alexandra Deborah
  • Diamond World
  • Pas FM
  • Suara Merdeka

Organized by:

  • Tiara Enterprise Tiara
  • Mahkota WO
  • Pua EO

More info:
Mataram Plaza E-10 Semarang
Tlp. 024 356 0090
Fax. 024 358 3070
Website: www.semarangweddingfestifal.com
Email: kontak@klikmahkota.com